- Deskripsi Capaian Pembelajaran Program Studi




- Pengelompokan Matakuliah, Bobot SKS, dan Komposisi
- Mata Kuliah, CPL, dan Perangkat Pembelajaran
No | Semester | Kode MK | Nama Mata Kuliah | Jenis Mata Kuliah | Jumlah sks | Unit Penyelenggara* | Kesesuaian dengan CPL | Perangkat Pembelajaran | ||||
Teori | Praktikum | Praktik | PT | UPPS | PS | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 |
1 | 1 | PSEJ4101 | Agama Islam | V | 2 | V | V | V | ||||
1 | Agama Kristen Protestan | V | V | V | V | |||||||
1 | Agama Katholik | V | V | V | V | |||||||
1 | Agama Budha | V | V | V | V | |||||||
1 | Agama Hindu | V | V | V | V | |||||||
2 | 1 | PSEJ4103 | Pancasila | V | 2 | V | V | V | ||||
3 | 1 | PSEJ4105 | Etnografi Papua | V | 2 | V | V | V | ||||
4 | 1 | PSEJ4207 | Profesi Kependidikan | V | V | 3 | V | V | V | |||
5 | 1 | PSEJ4309 | Sosiologi | V | 2 | V | V | V | ||||
6 | 1 | PSEJ4311 | Pengantar Ilmu Sejarah | V | 2 | V | V | V | ||||
7 | 1 | PSEJ4313 | Sejarah Indonesia Periode Praakasara sampai Hindu Budha | V | 3 | V | V | V | ||||
8 | 1 | PSEJ4315 | Sejarah Asia Selatan | V | 2 | V | V | V | ||||
9 | 1 | PSEJ4317 | Sejarah Kebudayaan | V | 2 | V | V | V | ||||
10 | 1 | PSEJ4319 | Arkeologi | V | 2 | V | V | V | ||||
11 | 1 | PSEJ4321 | Antropologi | V | 2 | V | V | V | ||||
12 | 2 | PSEJ4102 | Bahasa Indonesia | V | 2 | V | V | V | ||||
13 | 2 | PSEJ4104 | Kewarganegaraan | V | 2 | V | V | V | ||||
14 | 2 | PSEJ4206 | Perkembangan Peserta Didik | V | 2 | V | V | V | ||||
15 | 2 | PSEJ4308 | Sejarah Indonesia Periode Islam | V | 3 | V | V | V | ||||
16 | 2 | PSEJ4310 | Sejarah Amerika | V | 2 | V | V | V | ||||
17 | 2 | PSEJ4312 | Sejarah AsiaTimur | V | 2 | V | V | V | ||||
18 | 2 | PSEJ4314 | Sejarah Asia Barat Daya | V | 2 | V | V | V | ||||
19 | 2 | PSEJ4316 | Sejarah Eropa | V | 3 | V | V | V | ||||
20 | 2 | PSEJ4318 | Sejarah Papua | V | 2 | V | V | V | ||||
21 | 2 | PSEJ4320 | Geografi Sejarah | V | 2 | V | V | V | ||||
22 | 3 | PSEJ4223 | Psikologi Pendidikan | V | 2 | V | V | V | ||||
23 | 3 | PSEJ4325 | Studi Masyarakat Indonesia | V | 2 | V | V | V | ||||
24 | 3 | PSEJ4327 | Sejarah Indonesia Periode Bangsa Barat | V | 2 | V | V | V | ||||
25 | 3 | PSEJ4329 | Sejarah Asia Tenggara | V | 3 | V | V | V | ||||
26 | 3 | PSEJ4331 | Sejarah Afrika | V | 2 | V | V | V | ||||
27 | 3 | PSEJ4333 | Sejarah Politik dan Hubungan Internasional | V | 2 | V | V | V | ||||
28 | 3 | PSEJ4335 | Sejarah Maritim | V | V | 2 | V | V | V | |||
29 | 3 | PSEJ4337 | Penulisan Karya Ilmiah | V | 2 | V | V | V | ||||
30 | 3 | PSEJ4239 | Statistik Dasar | V | 2 | V | V | V | ||||
31 | 3 | PSEJ4341 | Media dan Lab Sejarah | V | V | 2 | V | V | V | |||
32 | 4 | PSEJ4222 | Filsafat Pendidikan | V | 2 | V | V | V | ||||
33 | 4 | PSEJ4324 | Analisa Wacana | V | V | 2 | V | V | V | |||
34 | 4 | PSEJ4324 | Sejarah Indonesia Periode Pergerakan Nasional | V | 3 | V | V | V | ||||
35 | 4 | PSEJ4326 | Sejarah Pendidikan | V | 2 | V | V | V | ||||
36 | 4 | PSEJ4328 | Museologi | V | V | 2 | V | V | V | |||
37 | 4 | PSEJ4330 | Teori Kebudayaan | V | 2 | V | V | V | ||||
38 | 4 | PSEJ4332 | Sejarah Intelektual | V | 2 | V | V | V | ||||
39 | 4 | PSEJ4334 | Kearsipan | V | V | 2 | V | V | V | |||
40 | 4 | PSEJ4336 | Telaah Kurikulum | V | 2 | V | V | V | ||||
41 | 4 | PSEJ4338 | Pendidikan IPS | V | 2 | V | V | V | ||||
42 | 4 | PSEJ4340 | Sejarah dan Usaha Pariwisata | V | V | 2 | V | V | V | |||
43 | 5 | PSEJ4343 | Sejarah Indonesia Periode Pasca Kemerdekaan | V | 2 | V | V | V | ||||
44 | 5 | PSEJ4345 | Teori-Teori Sosial | V | 2 | V | V | V | ||||
45 | 5 | PSEJ4347 | Strategi Belajar mengajar Sejarah | V | V | 3 | V | V | V | |||
46 | 5 | PSEJ4349 | Bahasa Sumber-Bahasa Belanda | V | 3 | V | V | V | ||||
47 | 5 | PSEJ4351 | Evaluasi Pembelajaran Sejarah | V | 2 | V | V | V | ||||
48 | 5 | PSEJ4153 | Bahasa Inggris | V | 2 | V | V | V | ||||
49 | 5 | PSEJ4355 | Metodologi Penelitian Sejarah | V | V | 2 | V | V | V | |||
50 | 5 | PSEJ4357 | Metodologi Penelitian Pendidikan Sejarah | V | V | 2 | V | V | V | |||
51 | 5 | PSEJ4359 | IPS Terpadu | V | 2 | V | V | V | ||||
52 | 5 | PSEJ4361 | Sejarah Agraria | V | 2 | V | V | V | ||||
53 | 6 | PSEJ4344 | Sejarah Indonesia Kontemporer | V | 3 | V | V | V | ||||
54 | 6 | PSEJ4346 | Historiografi | V | V | 2 | V | V | V | |||
55 | 6 | PSEJ4348 | Seminar Sejarah | V | 2 | V | V | V | ||||
56 | 6 | PSEJ4350 | Sejarah Sosial | V | 2 | V | V | V | ||||
57 | 6 | PSEJ4352 | Filsafat Sejarah | V | 2 | V | V | V | ||||
58 | 6 | PSEJ4354 | Sejarah Australia & Oseania | V | 2 | V | V | V | ||||
59 | 6 | PSEJ4356 | Sejarah Perekonomian | V | 2 | V | V | V | ||||
60 | 6 | PSEJ4358 | Sejarah Islam | V | V | 2 | V | V | V | |||
61 | 6 | PSEJ4360 | Manajemen Sekolah | V | V | 2 | V | V | V | |||
62 | 6 | PSEJ4262 | Magang I | V | 2 | V | V | V | ||||
63 | 7 | PSEJ4263 | Magang II | V | V | 2 | V | V | V | |||
64 | 8 | PSEJ4164 | KKN | V | V | 4 | V | V | V | |||
65 | 8 | PSEJ4365 | Skripsi | V | V | 6 | V | V | V |
- Integrasi Hasil Penelitian dan PkM dalam Proses Pembelajaran
No | Nama Dosen | Judul Penelitian atau PkM | Nama Mata Kuliah | Bentuk Integrasi | |
1 | 2 | 3 | 3 | 4 | |
1 | Dr. Susanto. T Handoko, M. Hum | Boven Digoel Dalam Panggung Sejarah Indonesia: Dari Pergerakan Nasional Hingga Otonomi Khusus Papua | Sejarah Indonesia Periode Pergerakan Nasional | Bahan referensi | |
2 | Dr. Susanto. T Handoko, M. Hum | Relasi Nasionalisme Etnik, Nasionalisme Negara dan Nasionalisme Kewarganegaraan di Papua | Sejarah Indonesia Periode Pergerakan Nasional | Bahan referensi | |
3 | Dr. Susanto. T Handoko, M. Hum | Employing higher order thinking skills-based instruction in history course: A history high school teacher’s perspective | Strategi Belajar Mengajar Sejarah | Bahan referensi | |
4 | Dr. Susanto. T Handoko, M. Hum | Discourse on Relations Between Indonesia and Papua: Content Analysis of History Textbook of 2013 Curriculum | Telaah Kurikulum | Bahan referensi | |
5 | Dr. Susanto. T Handoko, M. Hum | Model KKN Tematik untuk Mewujudkan Masyarakat Tangguh Guna Percepatan Pembangunan di Era Pandemi Covid-19 | KKN | Acuan pembelajaran | |
6 | Dr. La Ode Hasirun, M. Hum | From Papua Ethnonationalism to Indonesian Nationalism: A Historical Study | Sejarah Indonesia Periode Pasca Kemerdekaan | Bahan referensi | |
7 | Dr. La Ode Hasirun, M. Hum | Identifikasi Situs-Situs Peninggalan Belanda di Kota Tua Abepura | Sejarah Indonesia Periode Bangsa Barat | Bahan referensi | |
8 | Dr. Ester Yambeyabdi, M. Hum | Papua: Sejarah Integrasi yang Diingat dan Ingatan Kolektif | Sejarah Papua | Bahan referensi | |
9 | Dr. Ester Yambeyabdi, M. Hum | The Relationships Between Papua And The Sultanate Of Tidore (As Local Content) | Sejarah Papua | Bahan referensi | |
10 | Dr. Ester Yambeyabdi, M. Hum | Onin Fafak Peninsulacement Relationships in the Network of Nusantara Archepelago Maritime, 1900’s | Sejarah Papua, Sejarah Maritim | Bahan referensi | |
11. | Dr. Ester Yambeyabdi, M. Hum | Pemaknaan Diaspora Identitas Amber dan Komin Di Sekolah Menengah Atas Biak Kota | Sejarah Sosial, Sejarah Papua | Bahan referensi | |
12 | Dr. Ester Yambeyabdi, M. Hum | Paradigm of Special Autonomy and National Integration in Papua | Sejarah Papua | Bahan referensi | |
13 | Dr. Ester Yambeyabdi, M. Hum | Penataan arsip | Kearsipan | Acuan pembelajaran | |
14 | Megiridha Loppies, S. Pd., M. Pd | Peningkatan Keterampilan Berpikir Historis Melalui Napak Tilas Peninggalan Sejarah Perang Dunia II di Kabupaten Biak Numfor | Strategi Belajar Mengajar Sejarah | Bahan referensi | |
15 | Megiridha Loppies, S. Pd., M. Pd | Usaha-Usaha Zending Dalam Proses Pengadaban Orang Papua 1855-1962 | Sejarah Pendidikan | Bahan referensi | |
16 | Megiridha Loppies, S. Pd., M. Pd | Pendidikan Zaman Orde Baru: Upaya Melanggengkan Kekuasaan Soeharto | Sejarah Pendidikan | Bahan referensi | |
17 | Megiridha Loppies, S. Pd., M. Pd | Napak Tilas Peninggalan Kolonial Di Distrik Abepura: Strategi Memperkuat Kesadaran Sejarah Bagi Generasi Muda | Strategi Belajar Mengajar Sejarah | Bahan referensi/acuan pembelajaran | |
18 | Megiridha Loppies, S. Pd., M. Pd | Model Contextual Problem Based History Learning (C-PBHL) Untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis | Strategi Belajar Mengajar Sejarah | Bahan referensi/acuan pembelajaran | |
19 | Kulyasin, S.Pd., M. Pd | Pertambangan Emas TopoSebagai Alternatif Mengatasi Krisis Moneter (1997-2000) | Sejarah Agraria | Bahan referensi/acuan pembelajaran | |
20 | Kulyasin, S.Pd., M. Pd | Lembaga Adat Pasitabe di Kabupaten Luwu Timur (1992-2011) | Sejarah Kebudayaan | Bahan referensi/acuan pembelajaran | |
21 | Kulyasin, S.Pd., M. Pd | Jejak Pluralisme Agama di Papua: Perspektif Sejarah Eksistensi Agama Budha di Kota Jayapura (1978-1989) | Sejarah Kebudayaan, Sejarah Sosial | Bahan referensi/acuan pembelajaran | |
21 | Muhammad Aqil, S. Pd., M. Pd | Jejak Peninggalan Belanda di Abepura dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar di Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Cenderawasih | Sejarah Indonesia Periode Bangsa Barat | Bahan referensi/acuan pembelajaran |